Unit Kegiatan Mahasiswa GAMADIKSI USU

Bidikmisi Jamin Biaya Kuliah Hingga Lulus

MEDAN - Setiap tahun, Bidikmisi memberikan puluhan ribu beasiswa bagi mahasiswa berprestasi namun tidak mampu. Pengelola perguruan tinggi negeri dan swasta pun memiliki pertimbangan sendiri dalam mengatur kouta bagi calon penerima beasiswa tersebut.
Secara umum, seperti tercantum dalam Pedoman Penyelenggaraan Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi 2015, Bidikmisi akan didistribusikan bagi calon mahasiswa yang terpilih melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Beasiswa ini juga akan disalurkan melalui skema Seleksi Mandiri baik di perguruan tinggi negeri (PTN), Politeknik dan perguruan tinggi swasta (PTS).
Sementara itu, penerima Bidikmisi akan mendapatkan beasiswa selama masa studi. Mahasiswa Diploma IV dan Strata-1 (S1) akan mendapat jaminan biaya kuliah selama delapan semester dan mahasiswa Diploma III mendapat beasiswa selama enam semester. Kemudian, beasiswa untuk mahasiswa Akademi Komunitas diberikan selama empat semester serta mahasiswa Program Diploma II dan Diploma I mendapat jatah beasiswa selama dua semester.
Meski demikian, bantuan biaya pendidikan ini bisa diperpanjang apabila mahasiswa jenjang sarjana membutuhkan pendidikan keprofesionalan yang merupakan satu kesatuan dari studi sebelumnya. Pendanaan itu tetap akan dijalankan sampai program profesi tersebut selesai dijalani di perguruan tinggi yang sama.
Pendidikan dokter dan pendidikan dokter gigi, misalnya, akan mendapat tambahan beasiswa selama maksimal empat semester. Penambahan durasi beasiswa selama dua semester akan diberikan kepada mahasiswa Ners, pendidikan dokter hewan dan mahasiswa farmasi.
Pencairan dana Bidikmisi sendiri dilakukan dua kali dalam setahun yakni pada periode semester genap yakni Maret-Agustus, dan pada semester gasal September-Februari. Beasiswa akan ditransfer langsung ke rekening perguruan tinggi untuk bantuan biaya pendidikan dan rekening mahasiswa untuk dana biaya hidup mereka.


EmoticonEmoticon