Unit Kegiatan Mahasiswa GAMADIKSI USU

Berapa Besaran Beasiswa Bidikmisi ?

MEDAN - Beasiswa Bidikmisi dimaksudkan meningkatkan akses dan kesempatan belajar bagi mahasiswa di perguruan tinggi, terumana bagi mereka yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Karena itu, program ini memberikan beasiswa penuh hingga mahasiswa rampung menjalani studi. Tetapi, berapa besaran beasiswa ini?
Sesuai penjelasan Pedoman Penyelenggaraan Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2015, pendanaan ini meliputi pembebasan biaya pendaftaran, yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Seleksi mandiri pada perguruan tinggi.
Selain itu, penerima Bidikmisi juga akan mendapatkan pendanaan juga akan diberikan sebensar Rp2,4 juta per semester. Dana ini bisa digunakan untuk biaya masuk pertama ke perguruan tinggi, Uang Kuliah Tinggi (UKT) khusus Bidikmisi/SPP/biaya kuliah dan keperluan lain berdasarkan perencanaan kerja dan anggaran di perguruan tinggi.
Beasiswa Bidikmisi juga memberikan dana untuk kebutuhan hidup mahasiswa sebesar Rp3,6 juta per semester. Besaran dana ini disesuaikan dengan biaya hidup yang ditentukan oleh SK Rektor/Direktur/Ketua perguruan tinggi. Pihak perguruan tinggi bisa menentukan kisaran biaya hidup bagi mahasiswa dan mengubah jumlah biaya hidup dengan mengurangi biaya bantuan pendidikan.
Tidak hanya itu, bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah atau kota, akan mendapat biaya pendatangan berupa pergantian uang transportasi, biaya hidup sementara, dan biaya untuk kegiatan-kegiatan selama perkuliahan.
Selain menyalurkan beasiswa, pihak perguruan tinggi juga diminta untuk dapat memfasilitasi mahasiswanya bisa lulus tepat waktu. Mahasiswa juga didorong untuk bisa ikut dan terlibat dalam kegiatan organisasi seperti penalaran, minat bakat, sosial/pengabdian sebagai pembinaan karakter dan kecintaannya pada bangsa dan negara. Tidak hanya itu, perguruan tinggi dan mahasiswa membuat perjanjian agar hak dan kewajiban dapat berjalan beriringan, seperti patuh pada tata tertib kampus, memenuhi standar IPK, dan hal relevan lainnya.

by : news[.]okezone[.]com


EmoticonEmoticon